3 Tips Bantu Pemotor Tetap Aman saat Berkendara di Musim Hujan, Nggak Perlu Ribet

Musikpedia – Berkendara di musim hujan bagi pemotor menjadi sesuatu hal yang bikin tak nyaman. Hal ini lantaran jalanan licin yang bisa memicu terjadinya kecelakaan.

Read More

Tak cuma itu saja, pemotor pasti akan kebasahan saat berkendara di jalan ketika nekat menerobos hujan tanpa menggunakan jas hujan.

Sebelum berkendara di musim hujan, pemotor wajib tahun nih tiga tips aman agar selamat saat berkendara di musim hujan dilansir dari Astra Motor.

1. Pakai Jas Hujan Single

Ketika hujan datang, pemotor sebaiknya menggunakan jas hujan dengan model single. Memang belum ada data secara statistik yang membuktikan bahwa jas hujan dengan tipe ‘batman’ dapat memengaruhi pemotor dalam mengendarai kendaraannya.

Namun, tidak ada salahnya nanti bisa membiasakan menggunakan jas hujan yang single. Jika berboncengan, bawalah dua jas hujan.

2. Hindari Rem Dadakan

Pemotor wajib menghindari rem dadakan saat berkendara di musim hujan. Pasalnya, jalanan licin dan akan membuat celaka pemotor ketika melakukan rem mendadak.

Apabila akan melakukan pengereman di tengah hujan, maka dibutuhkan teknik pengereman yang benar.

Gunakanlah fitur engine brake, untuk membantu pengereman. Perhatikan jarak motor pengendara dengan kendaraan lainnya untuk menghindari pengereman mendadak.

3. Lampu Wajib Dinyalakan

Motor saat ini memang sudah diterapkan lampu menyala setiap mesin dinyalakan. Namun beberapa motor lawas, memang belum begini.

Jika hujan mulai datang, sebaiknya pemotor wajib menyalakan lampu. Hal ini dilakukan agar dapat melihat jalan secara jelas dan juga untuk melihat kendaraan lainnya.

Sumber: www.suara.com

Related posts